Syarah Al-Basmalah walhamdalah


Nama Kitab : Syarah Al-Basmalah walhamdalah (رسالة في شرح البسملة والحمدلة)

Penyusun : Zakaria al-Anshari

Halaman : 41 Halaman

Link Aktif : Download


بسم الله الرحمن الرحيم 

خلاصة البحث

دار كلام الشيخ زكريا في شرحه للبسملة حول أربعة محاور: الأول: في الباء وفيه أربع مسائل، الأولى في متعلقها مع مدخولها والثانية في معناها والثالثة: في حكمة كسرها والرابعة: في سبب تطويلها.

أما المحور الثاني ففي لفظة اسم وفيه خمس مسائل الأولى: في معناه والثانية: في الابتداء به في البسملة والثالثة: في اشتقاقه والرابعة في لغاته والخامسة: في حذف ألفه خطاً. والمحور الثالث في لفظ الجلالة(الله) وفيه أربع مسائل الأولى: في علميته ومسماه والثانية: في أصله الثالثة في كونه عربيا أو معربا والرابعة في الخلاف في كونه الاسم الأعظم أو غيره.

والمحور الرابع في الرحمن الرحيم وتتعلق بهما مسألتان الأولى: في لفظهما معنى واشتقاقا والثانية: في علة تقديم (الله) عليهما وتقديم الرحمن على الرحيم، والى جانب هذه المحاور الأربعة، ثمة جانبان تناولهما المؤلف، الأول: في طائفة من المفاهيم الأصولية ذوات الدلالة اللغوية، والآخر في طائفة من الأصول العقدية.

Komentar Syekh Zakaria tentang Bismillah berkisar pada empat tema: Yang pertama: Pertama, mengenai hubungannya dengan lafadznya, kedua, mengenai maknanya, ketiga, mengenai hikmah mengucapkannya, dan keempat, mengenai hikmah meninggalkannya: Hikmah memutusnya dan yang keempat: Alasan pemanjangannya. 

Sumbu kedua adalah pada nama kata, yang mencakup lima masalah: Pertama, maknanya, kedua, memulainya dengan basmalah, ketiga, derivasinya, dan keempat, alasan pemanjangannya: Pada derivasi, yang keempat pada bahasanya, dan yang kelima: Pada penghilangan alif pada tulisannya. Poros ketiga adalah pada kata "Allah" dan di dalamnya terdapat empat masalah: Pertama, tentang keuniversalan dan namanya, kedua, tentang asal-usulnya, ketiga, tentang apakah ia berasal dari bahasa Arab atau bukan, dan keempat, tentang perselisihan apakah ia merupakan nama yang paling agung atau bukan. 

Poros keempat adalah Al-Rahman, Al-Rahman, Al-Rahim, dan dua hal yang berkaitan dengannya: Yang pertama tentang makna dan derivasi keduanya dan yang kedua tentang alasan menghadirkan (Allah) di hadapan keduanya dan menghadirkan al-Rahman sebelum al-Rahim, di samping empat poros ini, ada dua aspek yang dibahas oleh penulis, yang pertama: Pada berbagai konsep dasar yang memiliki konotasi kebahasaan, dan yang kedua pada berbagai konsep dasar doktrinal.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url