Mengenal Biografi Imam As-Suyuthi


Imam As-Suyuti adalah salah satu pakar komentator terkemuka. Ia lahir pada tahun 849 H / 1445 M di kota Kairo, Mesir.

Nama lengkapnya adalah Abu al-Fadl Jalaluddin Abdul-Rahman ibn Abi Bakr as-Suyuti. Ia dikenal secara umum sebagai as-Suyuti, sebuah nama yang mencerminkan negara asal leluhurnya di salah satu provinsi di Mesir.

Allah memberinya karunia berupa kekuatan hafalan yang sangat kuat dan pemahaman yang baik. Pada usia 8 tahun, ia telah menghafal Al-Quran. Seperti para ulama komentator lainnya, ia memulai pembelajaran dengan belajar dari seorang syekh di Mesir dan berhasil menyerap ilmu yang diajarkan oleh para guru tersebut. Semua hal tersebut membuatnya tumbuh menjadi sosok ulama yang sangat saleh dan dihormati.

Baca juga : Imam an-Nawawi

Kelebihan as-Suyuti diakui oleh para ulama, baik sezamannya maupun generasi yang datang setelahnya hingga sekarang. Keahlian Imam as-Suyuti terbukti melalui berbagai karya tulisnya, yang mencapai jumlah lima ratus. Sebagian besar karya-karyanya merupakan karya monumental dalam berbagai disiplin ilmu yang berkembang pada waktu itu. Hampir semua tulisannya menjadi referensi utama bagi para pelajar Islam, khususnya di kalangan pesantren, tetapi sayangnya, di antara karya-karya paling berharga, ada yang hilang dan tidak terdokumentasi dengan baik.

Karya Imam Suyuti

Beberapa karya Imam as-Suyuti antara lain:

  1. Al-Itqan fi 'Ulumil Qur'an
  2. Asrar at-Tanzil
  3. Al-Iklil fi istinbath at-tanzil
  4. Syarh as-Syathibiyah fi al-qira'at
  5. Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul
  6. Mu'tarik al-Aqran I'jaz fi al-Qur'an
  7. Marashid al-Mathali wa al-Maqathi
  8. Ad-Duurul Mantsur fi at-Tafsir bi al-ma'tsur (tafsir)
  9. At-Tahbir fi 'Ulumit Tafsir
  10. Aqran Mafhamat al-fi al-Qur'an Mubhamat
  11. Majma 'al-Bahrain wa Mathla 'al-badrain (tafsir)
  12. Turjuman al-Qur'an (tafsir)

Imam as-Suyuti meninggal pada hari Kamis, 09 Jumada Ula 911 H pada usia 61 tahun di Kairo, Mesir, dan dimakamkan di pemakaman Qushun. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url