KITAB AL-IQTIRAH FII USHUL AN-NAHWI PDF


Terjemah Muqadimah Kitab

Segala puji bagi Allah, yang telah menjadikan asal mula ilmu pengetahuan dalam Al-Qur'an dan memuliakan bangsa Arab dengan menjadikan bahasa mereka sebagai bahasa kitab suci-Nya, dan shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad, pemilik ciptaan agung yang telah menuntun umat manusia kepada ilmu pengetahuan dan petunjuk, serta menyelamatkan mereka dari kejahilan dan kesesatan. !

Dan masih ada lagi: Tidak diragukan lagi bahwa Al-Qur'an adalah satu-satunya faktor yang telah menjamin kelestarian bahasa Arab selama ribuan tahun dan suksesi zaman: 9 Al-Qur'an memiliki peran yang efektif dalam menyatukan dan menyebarkan bahasa Arab dan keanekaragaman tujuan, makna, gaya dan kata-katanya, dan ketika penulisan dan kodifikasi dimulai di antara kaum Muslimin, kodifikasi bahasa Arab dan ilmu-ilmunya memiliki andil yang besar di dalamnya, tetapi warisan Arab kuno mengumpulkan ilmu-ilmu bahasa Arab di dalam lembaran-lembarannya tanpa pembedaan atau pembedaan antara tata bahasa, retorika, morfologi, presentasi, dll., kemudian setelah itu, teori Abu Bakar ibn al-Sarraj memiliki peran besar dalam merinci masalah-masalah prinsip-prinsip tata bahasa dan meneliti seluk-beluknya dalam bukunya (Usul al-Qiyas), kemudian muncul Abu al-Fath Ibn Jinni dan berpartisipasi dalam seni baru ini dengan menulis bukunya (Karakteristik) dan diikuti oleh Ibnu al-Anbari, yang menulis bukunya (Lama' al-Adilah) dan (al-Ighrab dalam kontroversi al-Irab). ... Berabad-abad kemudian, Imam al-Suyuti menulis kitabnya (al-Iqtisarah), yang ada di tangan kita, maka kitabnya adalah kitab yang komprehensif tentang prinsip-prinsip tata bahasa, membawa jenis-jenisnya, akurat dalam buku-buku dan penelitian-penelitiannya, dan al-Suyuti tidak hanya berhenti pada pengumpulan materi ilmiah dari apa yang ditulis oleh para ulama terdahulu, tetapi ia berkeliling kitab dan mencapai penelitian yang elegan, wawasan yang akurat, serta laporan-laporan yang indah dan bermanfaat dengan mengekstraknya.

Semoga Allah merahmati Imam al-Suyuti, yang tidak meninggalkan satu pun seni dan ilmu pengetahuan yang tidak ia tulis dan tidak ia ikuti. 

Semoga Allah (swt) memberikan kesuksesan kepada kita dalam mengeluarkan khazanah-khazanah yang ditulis dan disusun oleh para ulama yang luar biasa ini, karena Dialah sebaik-baik penanggung jawab dan sebaik-baik pemberi jawaban, dan doa terakhir kami adalah segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Pekerjaan dan tujuan dari buku ini: 

Pekerjaan ini hampir terbatas pada hal-hal berikut ini: 

  • Kelulusan ayat-ayat, hadits-hadits dan kesaksian-kesaksian puitis. 
  • Mendokumentasikan sebanyak mungkin teks-teks yang dikutip dari sumber-sumbernya.
  • Menerjemahkan secara ringkas dan jelas. 
  • Memperjelas hal-hal yang perlu diperjelas dengan memberikan contoh-contoh dan mendemonstrasikan beberapa masalah. 
  • Melengkapi kesaksian puitis dan menunjukkan tempat pengutipan. 
  • Menjelaskan kosakata yang ambigu bila perlu. 
  • Membuat glosarium untuk teks, bendera, dan topik.

Mengenai tujuan pengerjaan, pencetakan, dan penerbitan buku ini, mungkin tujuan yang paling penting adalah menyediakannya di tangan para siswa dalam bentuk yang dapat diterima dalam arti dan makna, sehingga buku ini berukuran sedang, dengan harga terjangkau, dengan komentar-komentar yang diperlukan, tanpa membebani mereka dengan terjemahan yang panjang, banyak perbedaan antara salinan dan referensi, dan jumlah halaman yang banyak. Saya berharap tujuan dari karya sederhana ini akan tercapai.

Identitas Kitab

Nama Kitab : Al-Iqtirah Fi Ushul An-Nahwi (الاقتراح في اصول النحو)

Penyusun : Jalaluddin Suyuthi

Hal : 176

Format File : PDF

Link Aktif : Download

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url