Download Kitab Tuhfatut Thullab - karya Zakariya al-Anshari

 


Pendahuluan

Kitab "Tuhfah al-Thullab bi Syarh Tahrir Tanqih al-Lubab" adalah sebuah karya singkat dengan judul lengkap yang ditulis oleh Syaikh al-Islam, al-Qadhi Zaynuddin Abu Yahya Zakariya bin Muhammad bin Ahmad al-Anshari al-Sunaiki al-Mishri (823-926H). Kitab ini merupakan sebuah huraian (syarah) dari kitab yang ditulis olehnya sendiri, yaitu "Tahrir Tanqih al-Lubab".

Karena itu, kitab "Tuhfah al-Thullab" ini lebih dikenal dan populer dengan sebutan "Syarh al-Tahrir". Sedangkan "Tahrir Tanqih al-Lubab" sendiri adalah sebuah ringkasan (mukhtashar) dari kitab "Tanqih al-Lubab" yang ditulis oleh al-Imam Waliyuddin Abu Zur’ah Ahmad bin al-Hafizh Abdul Rahim al-‘Iraqi (762-826H).

Kitab "Tanqih al-Lubab" merupakan sebuah ringkasan dari kitab karya Imam Abu al-Hasan Ahmad bin Muhammad bin Ahmad al-Dhabi al-Mahamili al-Syafi’i (368-415H) yang berjudul "al-Lubab fi al-Fiqh al-Syafi’i".

Secara garis besar, kitab "Tuhfah al-Thullab" ini membahas secara luas tentang hukum-hukum fiqh dalam madzhab Syafi’i, dimulai dari thoharoh, wudhu, dan berbagai topik lainnya seperti kitab fiqh pada umumnya. Kitab ini memiliki 311 halaman, dan setiap pembahasan ditandai dengan istilah "bab" sebagai pembagian besar dan "pasal" sebagai pembagian yang lebih kecil. Ditulis dalam bahasa Arab dengan bahasa yang sederhana, karya ini terkenal karena kealiman pengarangnya, yang membuatnya banyak dikaji di kalangan umat Muslim.

Selain mensyarah "Kitab Tahrir Tanqih Al Lubab", Syaikh al-Islam juga merangkum kitab "al-Tahrir" dengan sebuah kitab lain yang berjudul "al-Taysir". Kitab "al-Taysir" ini adalah ringkasan dari kitab "al-Tahrir" yang disusun dalam bentuk nazam.

Itulah sekilas resensi mengenai kitab "Tuhfah al-Thullab bi Syarh Tahrir Tanqih al-Lubab". Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan memberikan pelajaran yang berharga bagi kita.

Rincian Kitab

Nama Kitab :Tuhfatut Thullab Syarh Matan Tahrir Tanqihul Lubab fi fiqhi Imam Syafi'i

Author: Syaikh Islam al-Qodhi Zakariya Muhammad al-Anshori

Size File : 7,50 MB

Link Download

Via Google Drive : Download

Terkait : Kitab Roudhotut Tholibin wa Umdatul Muftin

مقدمة المحقق

إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا، وسيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمداً عبده ورسوله.

أما بعد: فهذا كتاب صغير حجمه، غزير علمه، حكمه، أبان صحيح الأحكام بعبارة منيرة كالبدر والشمس من الكتاب العزيز والسنة الشريفة والإجماع، تسر به قلوب المؤمنين وتلذ به الأعين والأسماع، والله سبحانه أسأل أن ينفع به، وأن يتقبله بفضله، وأن يديم به الإفادة، إنه على ما يشاء قدير، وبالإجابة جدي.

كتبه

أبو عبد الرحمن صلاح بن محمد بن عويضه


بسم الله الرَّحمٰنِ الرَّحِيمِ

الحمد الله المتفضل الوهاب المرشد لتحرير تنقيح اللباب. والصلاة والسلام على أشرف الأنام، وعلى آله وصحبه السادة الكرام. وبعد فهذا مختصر في الفقه على مذهب الإمام الشافعي رضي الله الله عنه اختصرت فيه مختصر الإمام أبي زرعة العراقي المسمى بتنقيح اللباب وضممت إليه فوائد يسربها ذوو الألباب وأبدلت غيرالمعتمد به وحذفت منه الخلاف وما عنه بد روما لتيسيره على الطلاب وسميته «تحرير التنقيح متضرعاً إلى الله تعالى أن ينتفع به طالب الترجيح.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url