Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Najah


Prolog

Kasyifatus Saja merupakan salah satu karya ulama besar Nusantara, Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi Al-Bantani, yang berfungsi sebagai syarah dari kitab Safinatun Najah. Dilahirkan di Tanara, Serang, pada tahun 1230 H/1813 M dan meninggal di Mekkah, Hijaz, pada tahun 1314 H/1897 M. Kitab ini ditulis sebagai penjelasan mendalam atas isi kitab Safinatun Najah yang ditulis oleh Syaikh Salim bin Abdullah bin Sumair al Hadhrami.

Kasyifatus Saja membahas berbagai aspek yang terdapat dalam Safinatun Najah, termasuk uraian tentang tauhid, iman, dan islam. Selain itu, kitab ini juga membahas masalah-masalah fiqih seperti thaharah, sholat, zakat, dan puasa dengan sangat rinci dan terperinci. Namun, tidak ada pembahasan mengenai haji dalam kitab ini, sebagaimana sesuai dengan kitab matannya, Safinatun Najah.

Sebagai syarah terbesar dan terluas, Kasyifatus Saja ala Safinatin Naja membuka tabir kegelapan dalam penjelasan kitab Safinatun Najah. Karya ini mengungkapkan beragam masalah fiqih pokok dan mendasar yang relevan.

Kasyifatus Saja telah menjadi salah satu kitab populer dalam bidang fiqh, terutama di kalangan para santri dan siswa madrasah yang telah mempelajari kitab Safinatun Najah. Sehingga, banyak lembaga pesantren dan madrasah yang menggunakan kitab ini sebagai pendamping dalam kajian wajib Kitab Safinatun Najah.

Identitas Kitab

Nama : Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Najah

Penulis : Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi Al-Bantani

Kategori : Fiqih Mazhab Syafi'i

Link Download

Kitab Kasyifatussaja (arab) : Download

Kitab Terjemahan Kasyifatus Saja : Jilid 1  |  Jilid 2  | Jilid 3

Terkait : Kitab Kanzurraghibin

Sumber : Dari berbagai sumber

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url