Al-Mu'tamad fi Fiqhi Syafi'i - Dr. Wahbah Zuhaili


Kitab al-Mu'tamad fi al-Fiqh al-Syafi'i (كتاب المعتمد في الفقه الشافعي) merupakan salah satu karya terbaru dalam aliran mazhab al-Syafi'i. Penulis kitab ini adalah Prof. Dr. Muhammad al-Zuhaili, yang juga merupakan adik dari Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili, pengarang kitab al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu. Prof. Dr. Muhammad al-Zuhaili menjabat sebagai Dekan Fakulti Syariah & Pengajian Islam di Universiti al-Syariqah, Syria.

Kitab al-Mu'tamad ini membahas secara komprehensif mengenai permasalahan fiqh yang sesuai dengan pandangan mazhab al-Syafi'i. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2007 oleh penerbit Darul Qalam di Syria, kitab ini terdiri dari 5 buah buku atau jilid yang berisi rangkuman materi yang lengkap.

Dalam proses penyusunan kitab ini, Dr. Muhammad al-Zuhaili berpegang pada pendapat yang kuat (القول الراجح) dalam mazhab al-Syafi'i. Meskipun demikian, terkadang ia juga mencantumkan pendapat yang dianggap lebih lemah (القول المرجوح) atau dha'if (الضعيف) dalam mazhab tersebut jika pendapat tersebut sejalan dengan pandangan mazhab lain. Selain itu, Dr. Muhammad al-Zuhaili juga memberikan penjelasan mengenai dalil-dalil yang menjadi dasar setiap permasalahan hukum yang dibahas menurut mazhab al-Syafi'i.

Agar kitab ini memberikan manfaat yang besar bagi pembacanya, setiap permasalahan fiqh yang dibahas dilengkapi dengan rujukan sumber yang dijelaskan dalam catatan kaki. Setiap ayat al-Quran dicantumkan dengan nomor ayat dan nama surahnya, sedangkan setiap hadis diberikan takhrij secara ringkas dengan merujuk kepada kitab-kitab hadis yang telah diterbitkan.

Perlu dicatat oleh pembaca bahwa tidak semua permasalahan fiqh yang dibahas oleh ulama terdahulu tercantum dalam kitab ini. Penulis lebih berfokus pada permasalahan fiqh yang sering terjadi dan sedang diamalkan dalam realitas masyarakat saat ini. Oleh karena itu, beberapa permasalahan fiqh yang jarang terjadi atau tidak relevan dengan masyarakat modern, seperti hukum perhambaan (أحكام الرقيق والعبيد), tidak dimasukkan dalam kitab ini.

Kitab ini ada 5 jilid

Link Download

Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4, Jilid 5

Terkait : 7 Kaidah Utama Fikih Muamalat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url