Tafsir Ibnu Abbas karya Ibnu Abbas Pdf

Tafsir Ibnu Abbas karya Ibnu Abbas Pdf

Terdapat dua tafsir terkenal yang diasosiasikan dengan Ibnu Abbas. Pertama, Tanwir al-Miqbas min Tafsir Ibni Abbas oleh Abu Thahir Muhammad bin Ya’kub al-Fairuz Abadi asy-Syafi’i. Kedua, Tafsir Ibnu Abbas yang diberi nama Shahifah Ali bin Abi Talhah, yang jelas ditulis oleh Ali bin Abi Talhah.

Meskipun Tanwir al-Miqbas memiliki isi yang memadai, di kalangan ulama, tafsir ini mendapat kritik terutama terkait sanad atau rantai perawinya. Para ulama menilai bahwa sanadnya tidak sahih dan tidak dapat diandalkan sebagai sumber rujukan karena kelemahan perawinya (Talhah, Tafsir Ibnu Abbas al-Musamma Ali bin Abi Talhah, 54-55).

Sebaliknya, tafsir yang dikarang oleh Ali bin Abi Talhah mendapatkan penilaian yang sangat baik di mata para ulama. Beberapa di antaranya bahkan memberikan pujian. Muhammad Husain Adz-Dzahabi dalam al-Tafsir wal Mufassirun menyatakan bahwa jalur riwayat Muawiyah bin Shalih dari Ali bin Abi Talhah dari Ibnu Abbas dianggap sebagai jalur yang paling baik (Adz-Dzahabi, at-Tafsir wal Mufassirun, Juz 1, 59).

Tafsir Ibnu Abbas al-Musamma Shahifah Ali bin Abi Talhah

Penafsiran tafsir Ibnu Abbas Al-Musamma Shahifah Ali bin Abi Talhah dapat diidentifikasi melalui tiga komponen utama: metode, pendekatan, dan corak. Dalam konteks ini, dapat disimpulkan bahwa metode penafsiran yang digunakan bersifat ijmali, seperti yang terlihat dalam penjelasan Ibnu Abbas terhadap QS. Alqari’ah (101): 1. Dia menjelaskan bahwa kata "Alqari'ah" merujuk kepada Hari Kiamat, yang diangkat tinggi oleh Allah SWT dan diingatkan kepada hamba-Nya.

Dari segi pendekatan, tafsir ini termasuk dalam kategori tafsir bil ma'tsur karena Ali bin Abi Talhah mengungkapkan makna ayat berdasarkan riwayat. Penafsiran terhadap Alquran selalu dikaitkan dengan Ibnu Abbas sebagai sahabat Rasulullah, sehingga pendekatannya jelas bersifat bil ma'tsur.

Dari segi corak penafsiran, tafsir ini cenderung menggunakan corak lughawi, yaitu mencoba mengungkapkan makna ayat dengan menggunakan kaidah kebahasaan. Contohnya, dalam tafsir QS. At-Takatsur (102): 8, Ibnu Abbas menjelaskan bahwa kata "an-ni'mah" merujuk pada kesehatan tubuh, pendengaran, dan penglihatan yang akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah kepada seorang hamba.

Prinsip penafsiran tafsir Ali bin Abi Talhah dari Ibnu Abbas pada dasarnya tidak hanya berfokus pada bahasa yang singkat, tetapi juga menjelaskan aspek kosa kata bahasa dan menguraikan berbagai aspek lainnya, termasuk riwayat hukum fikih yang disimpulkan oleh Ibnu Abbas dari Alquran. Riwayat-riwayat tersebut juga mencakup sebab-sebab turunnya ayat, konsep nasikh dan mansukh, serta ijtihad Ibnu Abbas sendiri, menunjukkan bahwa Ibnu Abbas adalah seorang mufasir yang ideal, sebagaimana tercermin dalam kesempurnaan tafsir yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Talhah.

Identitas Kitab

Nama : Tafsir Ibnu Abbas al-Musamma Shahifah Ali bin Abi Talhah

Penyusun : Ali bin Abi Talhah

Download File pdf : Unduh

Kitab Tafsir Tanwir al-Miqbas Min Tafsir Ibn Abbas

Identitas Kitab

Nama : Tanwir al-Miqbas Min Tafsir Ibn Abbas

Author : Al-Fairuzabadi

File : PDF

Size : 25.4 MB

Pages : 664

Year : 1992 M / 1412 H

Publihed / Cetakan : First/ Pertama 

Publisher : Dar al-Kutub al-Ilmiyah. Beirut - Lebanon

DOWNLOAD

Baca juga : Prioritas Dalam Nafkah

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url