Kitab Al-Adzkar An-Nawawiyah dan Terjemahannya

Kitab Al-Adzkar An-Nawawiyah

Kitab Al-Adzkar An-Nawawiyah dikenal sebagai referensi utama bagi pencarian doa-doa dan berbagai bacaan zikir dalam konteks pesantren di Indonesia. Buku ini telah menjadi salah satu sumber rujukan utama mengenai doa dan zikir di dunia Islam, dengan lebih kurang 1324 doa dan zikir yang berasal dari berbagai sumber hadis dengan tingkat derajat yang beragam.

Penelitian terhadap kitab ini dilakukan oleh Amir bin Ali Yasin, seorang murid dari Syekh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Tujuannya adalah untuk menyusun dan memilah hadis-hadis di dalamnya sehingga dapat dikelompokkan berdasarkan derajatnya, seperti hadis Shahih, hasan, daif, munkar, atau maudhu’.

Imam Nawawi, dalam kitabnya Al-Adzkar An-Nawawiyah, mengumpulkan berbagai hadis yang membahas doa-doa dan zikir-zikir yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. Kitab ini secara umum membahas hadis dan nasehat ulama mengenai zikir, doa, adab, dan ibadah, dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah.

Tentang Kitab Al-Adzkar An-Nawawiyah

Isi kitab ini terbagi ke dalam berbagai bab, antara lain mukadimah, keutamaan dan kedudukan zikir, serta adab tentang zikir dan doa; keutamaan zikir; doa-doa sehari-hari; adab-adab terhadap Al-Qur’an; pujian terhadap Allah Swt; selawat atas Nabi Muhammad Saw; zikir dan doa untuk hal-hal khusus atau tertentu; zikir yang dibaca ketika salat, baik salat wajib ataupun sunah; zikir tentang bulan suci Ramadan, dan bulan-bulan tertentu; zikir yang berkaitan dengan haji; zikir yang berkaitan dengan jihad; zikir yang berkaitan dengan makan dan minum; zikir dan adab ketika bersin lengkap dengan kesunahan mendoakan keselamatan; zikir yang berkaitan dengan pernikahan; zikir tentang pernikahan; bab yang berkaitan dengan nama dan kun-yah (gelar); beberapa zikir yang bersifat umum; menjaga lisan; adab ketika berdoa; dan bab tentang istigfar.

Identitas kitab

Nama : Al-Adzkar An-Nawawiyah

Penulis : Imam Nawawi

Link download : 

Versi Arab : Al-Adzkar An-Nawawiyah

Terjemah Indonesia : Jilid 1 | Jilid 2 | Jilid 3 | Jilid 4 | Jilid 5

Terkait : Kitab Adabul Islam fi Nidhomil Usroh

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url