Khutbah Jumat : Pionir Kebaikan

Khutbah I

الحَمْدُ لِلّه, الحمد لله الذي أَمَرَعِبَادَهُ بِفِعْلِ الخَيْرَات، وحَثَّهُم عَلَى المُسَارَعَةِ إِلى الطَّاعَات،

أشَهَدُ أن لا إلهَ إلّا اللهُ وأشَهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ, شَهَادَةً يَفُوْزُشَاهِدُها في يوم مشهود

ثم الصلاة و السلام على سيدنا محمد صاحب المقام المحمود و على آله و صحبه ذوي الكرم والجود ومن تبعهم بإحسان الى اليوم الخلود. أما بعد 

فَيَاأَيُّهَا الحاضرون, اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ,

﴿ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ﴾

Hadirin shalat Jumat yang dimuliakan Allah,

Syukur alhamdulillah, pada momen istimewa ini, kita senantiasa mendapat limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya. Sehingga kita bisa berkumpul dan melaksanakan rangkaian ibadah shalat Jumat di masjid yang indah ini.

Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang menginspirasi kita untuk selalu berperilaku baik dan berbuat kebaikan.

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah swt,

Allah SWT memiliki sifat adil terhadap setiap hamba-Nya, tidak ada seorang pun yang diperlakukan dengan zalim oleh-Nya. Salah satu keadilan-Nya adalah memberi ganjaran setiap tindakan manusia dan memberi balasan sesuai dengan perbuatan yang mereka lakukan. Allah menyatakan prinsip ini dalam banyak ayat-Nya, di antaranya:

وَلِكُلٍّ دَرَجَاتٌ مِمَّا عَمِلُوا وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ

“Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (sesuai) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.” (QS Al-An’am: 132)

Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa pada Hari Kiamat, jin dan manusia akan mendapatkan ganjaran sejalan dengan perbuatan mereka. Mereka yang taat akan ditempatkan di surga, sementara yang melanggar akan mengalami siksaan di neraka. Ayat ini juga menyebutkan bahwa pahala yang Allah sediakan memiliki tingkatan-tingkatan yang sejalan dengan amal kabaikan yang dilakukan.

Ma'asyiral Muslimin rahimakumullah

Islam mendorong ummatnya untuk senantiasa terlibat dan merasa senang dalam melakukan kebaikan. Tidak hanya pelaku kebaikan, Islam juga menegaskan bahwa orang yang menunjukkan kepada kebaikan akan memperoleh pahala yang sebanding dengan pelaku kebaikan. Seperti yang tertera pada hadist

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ, مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا (رواه مسلم)

“Diriwayatkan dari Abi Hurairah, Rasulullah Saw. bersabda: Barang siapa mengajak kepada amal baik maka dia mendapatkan pahala sama seperti pahala orang yang mengikutinya. Tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang melakukannya. Sedang orang yang mengajak pada kesesatan, maka mendapatkan dosa sesuai dengan dosa orang yang mengikutinya. Tanpa sedikitpun mengurangi dosa orang yang melakukannya.” (HR Muslim).

Menurut sayyid Muhammad al-Maliki penggunaan isim nakiroh pada lafad “هُدًى” bermakna segala petunjuk kebaikan, baik kebaikan duniawi maupun ukhrowi, baik dengan lisan maupun perbuatan, semuanya akan mendapat balasan yang sebanding.

Disisi lain hadist ini menjadi landasan bahwa seorang ahli ilmu memiliki kedudukan yang tinggi. Sebab, selama ada orang yang mengikuti ajakan dan ajaran ahli ilmu, pahalanya senantiasa mengalir sampai hari kiamat.

Oleh karenanya mari kita senantiasa berbuat baik serta selalu meningkatkan perbuatan baik yang telah kita lakukan.

Demikian khutbah singkat ini kami sampaikan. Semoga kita senantiasa menjadi pionir kebaikan, memperoleh ampunan, serta meraih derajat yang tinggi dan mendekatkan diri kepada Allah. Amin.

 بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْم، وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ؛ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا.

أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.  أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا،

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

وَارْضَ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِىّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاَعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يا رَبَّ العَلَمِين.

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Oleh Syafiqurrohman santri Mahad Aly Al-Khoirot malang

Untuk mengakses teks materi khutbah lainnya silahkan klik disini

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url