Fiqhus Sirah Syekh Ramadan al-Buthi Pdf

Fiqhus Sirah Syekh Ramadan al-Buthi

Judul lengkap dari karya ini adalah "Fiqhus Sirah an-Nabawaiyah ma'a mujazin Li Tarikhil Khilafah Ar-Rasyidah," yang artinya adalah "Memahami Napak Tilas Kehidupan Nabi Saw. serta ringkasan dari kisah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin".

Karya fikih sirah nabawiyah ini dihasilkan oleh seorang cendekiawan dan sastrawan terkemuka dari Suriah, yakni Syekh Muhammad Said Ramadhan Al-Buthi.

Melalui kearifan dan karya yang komprehensif di berbagai bidang ilmu, Syekh Ramadhan al-Buthi menjadi seorang ulama yang terkenal tidak hanya di negaranya, tetapi juga dikenal di kalangan masyarakat Muslim di seluruh dunia, terutama bagi para peneliti Islam.

Sikap moderat dan netralnya di kalangan semua lapisan masyarakat, dari yang paling sederhana hingga penguasa, membuatnya diterima dengan baik. Walaupun ada segelintir ulama yang menolaknya karena dianggap terlalu dekat dengan penguasa.

Baca juga : Al-Bayan fi Madzhab Imam Syafi'i

Salah satu karyanya yang monumental dalam kajian sejarah adalah buku Fiqhus Sirah. Biasanya, buku-buku sejarah cenderung menekankan penjelasan tentang peristiwa-peristiwa historis, tokoh-tokoh sejarah, dan periode waktu tertentu.

Keistimewaan yang jarang ditemukan dalam buku-buku sejarah lain adalah bahwa buku Fiqhus Sirah ini lebih menitikberatkan pada pengetahuan tentang pelajaran, prinsip, serta hukum-hukum yang terkandung dalam karakter Nabi Muhammad yang agung.

Buku ini muncul di tengah situasi di mana banyak orang menulis dan menganalisis kehidupan Rasulullah Saw. hanya dari perspektif keagungan dan keistimewaannya, sebagaimana ketika mereka meneliti tokoh-tokoh penting lainnya sebelum dan sesudah beliau. Beberapa penulis menekankan bahwa penaklukan Islam di bawah komando Rasulullah Saw. adalah sebuah revolusi ekonomi yang bertentangan dengan pihak yang ekstrim. Ada juga yang berupaya membujuk pembaca bahwa ambisi utama Nabi Saw. dan umat Muslim adalah untuk merebut kekuasaan dan memanfaatkan ekonomi dari kelompok non-Arab.

Syekh al-Buthi merasa terdorong untuk menunjukkan kesalahan dan penyimpangan yang dilakukan oleh para penulis sebelum dan sesudah era penulisannya dengan menyertakan faktor-faktor latar belakangnya.

Beliau menjelaskan metodologi ilmiah yang seharusnya diikuti dalam penyusunan buku sejarah dan membandingkannya dengan beberapa metodologi lainnya. Semua penjelasan ini terdapat dalam bab pendahuluan buku yang berjudul: "Sîrah Nabi; Perkembangan Kajiannya dan Cara Memahaminya di Zaman Sekarang".

Pada bagian awal buku, beliau menjelaskan dengan rinci bahwa tujuan mempelajari dan memahami Sirah Nabawi tidak hanya sekadar mengetahui peristiwa sejarah atau meriwayatkan kisah-kisah yang dianggap orisinal. Dalam kata pengantar, Syekh Ramadhan al-Buthi menyatakan:

“Tujuan sejati dari mempelajari Sîrah Nabi Saw. adalah agar setiap Muslim dapat menggambarkan hakikat Islam yang tercermin dalam kehidupan Nabi Muhammad Saw.”

Oleh karena itu, tidak sepatutnya kita memandang kajian Fiqhus Sîrah Nabi Saw. sama dengan kajian tentang kehidupan salah satu khalifah, raja, atau periode tertentu dalam sejarah.

Sirah memegang peran penting dalam pemahaman ajaran Islam. Dengan kata lain, kajian Sirah Nabawiyah merupakan upaya nyata untuk menggambarkan keseluruhan hakikat Islam, dengan Nabi Muhammad SAW. sebagai contoh idealnya.

Selanjutnya, pengarang menguraikan dengan padat dan jelas perjalanan hidup Nabi Muhammad, mulai dari kelahirannya, penunjukkan sebagai Nabi dan Rasul, hijrah dari Makkah ke Madinah, kebijakan-kebijakan yang menguntungkan manusia baik Muslim maupun non-Muslim. Selain itu, beliau juga menjelaskan fase-fase peperangan dan penaklukan pada masa kenabian.

Di bagian akhir, pengarang mengisahkan sedikit tentang kepemimpinan sahabat-sahabat Nabi yang menjadi Khulafaur Rasyidin, mulai dari kepemimpinan Abu Bakar ash-Shiddiq RA. hingga Ali bin Abi Thalib RA.

Setelah merinci biografi singkat dan peristiwa penting pada masa kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, Syekh Ramadhan al-Buthi menyajikan pelajaran dan hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa-peristiwa tersebut.

Kemampuan penyusunan kata yang indah dan padat dalam buku ini menunjukkan keahlian dan kedalaman ilmu dari pengarang Fiqh Sirah ini. Oleh karena itu, buku ini layak menjadi bacaan utama bagi para pencari ilmu Islam, khususnya dalam bidang sejarah.

Dowload kitab tersebut dalam bentuk pdf : Unduh

Unduh juga versi terjemahannya : Unduh

Jika para pembaca sekalian ingin mengikuti kajian bisa ikuti di youtube berikut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url