Tafsir Al-Jassas PDF


Imam Ahmad bin Ali Abu Bakr al-Razi, yang dikenal dengan julukan "al-Jassas" karena pekerjaannya sebagai seorang tukang plester, adalah Imam dalam mazhab Hanafi pada masanya dan termasuk di antara cendekiawan yang terkemuka dalam mazhab tersebut.

Beliau lahir di Baghdad pada tahun 585 Hijriah, dan memperoleh pengetahuan agama dari ulama terkenal seperti Abu Sahl al-Zajjaj dan Abu al-Hasan al-Karkhi, yang belajar dari Abu Sa'id al-Barda'i, yang berasal dari Musa bin Nasir al-Razi dan Muhammad.

Imam al-Jassas juga meriwayatkan hadis dari Abd al-Baqi bin Qan' dan melakukan perjalanan ke Ahwaz, kemudian kembali ke Baghdad, lalu pergi ke Nishapur bersama dengan gubernur Nishapur saat itu. Setelah itu, ia kembali ke Baghdad. Pada suatu saat, dia diangkat untuk menjadi qadi (hakim) di Baghdad, namun dia menolaknya. Penawaran tersebut diulangi, namun dia tetap tidak menerima. Akhirnya, posisi qadi tersebut diberikan kepada Imam al-Zahid, dan banyak orang belajar dan berfatwa dengannya, termasuk Abu Abdullah Muhammad bin Yahya al-Jurjani dan Abu al-Hasan Muhammad bin Ahmad al-Za'farani.

Beberapa karya yang ditulis oleh Imam al-Jassas meliputi "Ahkam al-Qur'an" (Hukum-hukum dalam Al-Qur'an), sebuah komentar tentang kitab "Mukhtasar al-Karkhi," "Mukhtasar al-Tahawi," dan "al-Jami' li-Muhammad bin al-Hasan," serta beberapa karya lainnya tentang nama-nama Allah yang indah, etika dalam pengadilan, dan prinsip-prinsip fiqh. Salah satu karyanya, yang merupakan pengantar bagi bukunya tentang hukum-hukum dalam Al-Qur'an, juga memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan padanya.

Imam al-Jassas meninggal pada tanggal 7 Dhu al-Hijjah tahun 730 Hijriah. Ringkasan ini adalah deskripsi singkat tentang Imam al-Jassas, karyanya, dan kontribusinya dalam literatur Hanafi. Informasi ini dapat ditemukan dalam buku "al-Fawa'id al-Bahiyyah fi Turaajim al-Hanafiyyah" oleh Abdul Hayy al-Lakhnawi dari India, serta dalam beberapa buku lain tentang sejarah dan biografi ulama Hanafi. Semoga Allah merahmati Imam al-Jassas dan memberikan berkah-Nya kepada kita semua. Semoga juga Allah memberikan shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Identitas Kitab

Nama Kitab : Ahkamul Qur'an li hujjah al-Islami al-Imam Abi Bakri Ahmad bin 'Ali al-Rozi al-Jassas

Nara Arab    : احكام القراَن الإسلام الإمام أبي بكر أحمد بن على الرازي الجصّاص 

Penyusun    : al-Imam Abi Bakri Ahmad bin 'Ali al-Rozi al-Jassas

Volume        : 5 Jilid

Link Download : Jilid 1 | Jilid 2 | Jilid 3 | Jilid 4 | Jilid 5


Terkait :

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url