At-Tadrib Fil Fiqih Syafii Pdf

At-Tadrib Fil Fiqih Syafii

Buku yang berjudul "تدريب المبتدي وتهذيب المنتهي في الفقه الشافعي" yang ditulis oleh Imam Sirajuddin al-Balqini, seorang cendekiawan dalam Mazhab Syafi'i. Doa dan pengantar ini disusun dalam bahasa Arab dan digunakan sebagai pembuka untuk buku tersebut. Berikut terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Segala puji hanya milik Allah, kami memuji-Nya, meminta pertolongan dan petunjuk-Nya, serta memohon ampunan-Nya. Kami bertaubat kepada-Nya dan berlindung kepada-Nya dari kejahatan diri kami dan perbuatan buruk kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang bisa menyesatkan dia, dan siapa yang sesat, maka tidak ada yang bisa memberinya petunjuk. Kami bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dialah Yang Pertama dan Yang Terakhir, Yang Nyata dan Yang Ghaib, dan Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu. Kami bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya, serta penutup para rasul.

Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa kepada-Nya, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan berserah diri." (Surah Ali Imran: 102)

Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari satu jiwa, dan dari jiwa itu Dia menciptakan pasangannya, serta menyebar dari keduanya laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta (hak-hak keluarga) dan peliharalah hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (Surah An-Nisa: 1)

Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar." (Surah Al-Ahzab: 70)

Selanjutnya, sesungguhnya hadis yang paling benar adalah firman Allah, dan petunjuk yang paling baik adalah petunjuk Nabi Muhammad, serta perbuatan yang paling buruk adalah bid'ah (perubahan dalam ajaran agama), dan setiap bid'ah adalah kesesatan, dan setiap kesesatan membawa kepada neraka.

Selanjutnya, ini adalah buku "تدريب المبتدي وتهذيب المنتهي في الفقه الشافعي" yang saya banggakan untuk mempersembahkannya kepada para pencari ilmu umumnya, dan para pecinta Mazhab Syafi'i khususnya. Keberhargaan buku ini berasal dari fakta bahwa ia mempersembahkan Mazhab Syafi'i dalam cara yang inovatif yang belum pernah dicoba sebelumnya, kecuali oleh al-Balqini dalam bukunya yang berjudul "اللباب" yang sayangnya sangat singkat dan meninggalkan banyak masalah dan cabang-cabang yang dijelaskan oleh al-Balqini. Selain itu, keberhargaan buku ini juga karena penulisnya adalah Imam Sirajuddin al-Balqini, seorang cendekiawan besar dalam Mazhab Syafi'i yang menjadi rujukan banyak pelajar agama dari berbagai daerah Mesir. Dia adalah orang yang paling hafal dengan Mazhab Syafi'i, diakui oleh para guru dan dihormati oleh mereka. Dia aktif dalam memberikan fatwa, mengajar, dan mendidik, sehingga dia menjadi penolong bagi banyak orang. Dia memiliki daya ingat yang kuat dan sering membuat catatan, namun sayangnya ia tidak sempat menyelesaikan beberapa karyanya, termasuk bukunya yang berjudul "التدريب." Salah satu anaknya, Saleh al-Balqini, menyelesaikan buku ini dan menamainya "التأديب في مختصر التدريب." Saya hanya menemukan teks ini dalam naskah Al-Azhar, dan ia mencakup materi mulai dari bab pengeluaran hingga akhir buku.

Kami bersyukur atas pertolongan dan bantuan Allah, dan kami memohon agar Dia menerima amal kami di dunia dan akhirat.

Saya telah menyediakan pengantar untuk buku ini yang mencakup elemen-elemen berikut:

  1. Pentingnya Fiqh Islam.
  2. Asal usul dan perkembangan Mazhab Syafi'i serta cendekiawan utamanya.
  3. Studi tentang buku "التدريب," termasuk terjemah penulis, asal judul buku, keabsahan atribusi penulis, nilai ilmiah buku, metode penelitian buku, dan deskripsi naskah-naskah yang digunakan dalam penelitian ini.

Identitas kitab

Judul Kitab : At-Tadrib Fil Fiqih Syafii

Penulis : Al-Imam Al-Faqih Sirojuddin Abu Hafsh Umar Bin Ruslan Al-Balqiny Asy Syafi'i

Tatimmah : Al-Imam Sholih bin Syaikh Sirojuddin Al-Balqiny

Tahqiq dan Ta'liq : Syaikh Abu Ya'qub Nasy'at Bin Kamal Al-Mishry

Volume : 4 Jilid

Download : Jilid 1  |  Jilid 2  |  Jilid 3  |  Jilid 4

Terkait : Fatawa Tahummul Mar'ah

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url