Apakah Madzhab Dawud azh-Zhahiri Ahlussunnah wal Jama'ah

Pertanyaan

a. Apakah Imam Dawud azh-Zhahiri termasuk Ahlussunnah wal Jama'ah? 

b. Jika termasuk Ahlussunnah wal Jama'ah, bolehkah bagi kita mengamalkan madzabnya dalam nikah tanpa wali dan saksi?

c. Apakah wajib had terhadap orang yang melakukan bersetubuh dengan cara nikah menurut madzab Dawud tersebut?

Jawaban

a. Imam Dawud azh-Zhahiri termasuk Ahlussunnah wal Jama'ah. b. Adapun nikah mengikuti madzhabnya tanpa wali dan saksi hukumnya tidak boleh.

Dasar Pengambilan Hukum

a. Al-Farq baina al-Firaq, al-Maktabah al-'Ashriyah, 26-28:

وَدَخَلَ فِي هَذِهِ الْجُمْلَةِ أَى أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ) جُمْهُورُ الْأُمَّةِ وَسَوَادُهَا الْأَعْظَمُ مِنْ أَصْحَابِ مَالِكِ وَالشَّافِعِي وَأَبِي حَنِيفَةَ وَالْأَوْزَاعِى وَالدَّوْرِى وَأَهْلِ الظَّاهِرِ.

Masuk dalam golongan ini Ahlussunnah wal Jama'ah ialah pembesar- pembesar Imam, dan kelompok-kelompok mereka yang mayoritas, dari murid-murid Malik, asy-Syafi'i, Abu Hanifah, al-Auza'i, Sufyan ats-Tsauri dan Ahl azh-Zhahir (madzhab Dawud azh-Zhahiri).

b. Bughyah al-Mustarsyidin, 6:

(مَسْأَلَهُ ش) نَقَلَ ابْنُ الصَّلاحِ الإِجْمَاعَ عَلَى أَنَّهُ لاَ يَجُوزُ تَقْلِيْدُ غَيْرِ الْأَئِمَّةِ الْأَرْبَعَةِ أَى حَتَّى الْعَمَلَ لِنَفْسِهِ فَضْلًا عَنِ الْقَضَاءِ وَالْفَتْوَى لِعَدَمِ الفِقَةِ بِنِسْبَتِهَا لِأَرْبَابِهَا بِأَسَانِيْدَ تَمْنَعُ التَّحْرِيْفَ وَالتَبْدِيلَ، كَمَذْهَبِ الزَّيْدِيَّةِ الْمَنْسُوبِيْنَ إِلَى الْإِمَامِ زَيْدِ بْنِ عَلِي بْنِ الْحُسَيْنِ السَبْطِ رِضْوَانُ اللهِ عَلَيْهِمْ الخ.

(Permasalahan dari Muhammad bin Abu Bakr al-Asykhar) Ibn ash- Shalah menukil ijma', sungguh tidak boleh taqlid selain kepada Imam Empat, artinya sampai amal untuk dirinya pun tidak boleh. Apalagi untuk menghukumi dan berfatwa, karena tidak dapat dipertanggung-jawabkan nisbatnya kepada pemiliknya, dengan sanad yang mencegah, merubah dan mengganti, seperti Madzhab Zaidiyah yang dinisbatkan kepada Imam Zaid bin Ali bin Husain yang jadi cucu Rasulullah.

c. Tuhfah al-Murid Syarh Jauhar at-Tauhid, Dar as-Salam, 250:

وَلَا يَجُوْزُ تَقْلِيْدُ غَيْرِهِمْ أَي الْأَئِمَّةِ الْأَرْبَعَةِ وَلَوْ كَانَ مِنْ أَكَابِرِ الصَّحَابَةِ لِأَنَّ مَذَاهِبَهُمْ لَمْ تُدَوَّنُ وَلَمْ تُضْبَطْ كَمَذَاهِبٍ هَؤُلَاءِ لَكِنْ جَوَّزَ بَعْضُهُمْ ذَلِكَ فِي غَيْرِ الْإِفْتَاءِ.

Tidak boleh taqlid kepada selain mereka, yaitu Imam Empat meskipun dari pembesar-pembesar sahabat, Karena madzhab mereka tidak dikodifikasikan (tidak dikukuhkan) dan tidak dibuat pedoman seperti madzhab Imam Empat, namun sebagian ulama ada yang membolehkan asal tidak untuk difatwakan.

d. Referensi lain:

1) Mizan al-Kubra, I/50.

2) Al-Fawaid al-Janiyah, II/204. 3) Fiqh al-Islam li Syaikh al-Khatib. 4) Tanwir al-Qulub, 408.

Jawaban c

Adapun orang yang bersetubuh dari nikah ala madzhab Dawud azh-Zhahiri menurut qaul mu'tamad (pendapat yang dapat dijadikan pegangan) wajib dihad (mendapat hukuman).

Dasar Pengambilan Hukum

a. Al-Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubra, al-Maktabah al-Islamiyah, IV/105:

( وَسُئِلَ) هَلْ يَجُوْزُ عَقْدُ النِكَاحِ تَقْلِيدًا لِمَذْهَبِ دَاوُدَ مِنْ غَيْرِ وَلِي وَلَا شُهُودٍ أَوْ لَا؟ وَإِذَا وَطِئَ فَهَلْ يُحَدُّ أَوْ لاَ؟ ... إِلَى أَنْ قَالَ ... (فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ لَا يَجُوْزُ تَقْلِيْدُ دَاوُدَ فِي النِّكَاحِ بِلا وَلي وَلاَ شُهُودٍ. وَمَنْ وَطِئَ فِي نِكَاجٍ خَالٍ عَنْهُمَا وَجَبَ عَلَيْهِ حَدُّ الزَّنَا عَلَى الْمَنْقُوْلِ الْمُعْتَمَدِ إلخ.

(Ibn Hajar al-Haitami ditanya), apakah boleh akad nikah tanpa wali dan saksi, mengikuti pendapat Dawud azh-Zhahiri? Ketika dia bersetubuh, apakah terkena hukum had atau tidak?... Beliau menjawab: "Tidak boleh mengikuti pendapat Dawud azh-Zhahiri dalam nikah tanpa wali dan saksi. Orang yang bersetubuh atas nikah tanpa wali dan saksi wajib baginya had zina sesuai pendapat manqul mu'tamad..."

b. Referensi lain:

1) Kasyifah as-Saja, 27.

Baca juga : Hukum Pernikahan Perempuan Zina

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url