Download Kitab I'anah At-Tholibin PDF


Prolog

Kitab I'anatu Ath-Tholibin merupakan sebuah kitab fikih yang termasuk dalam mazhab Asy-Syafi'i. Kitab ini termasuk dalam kategori muthowwal/mabsuth, yang artinya kitab ini disusun dengan penjelasan yang panjang dan terperinci, bukan merupakan kitab pertengahan seperti Fathu Al-Qorib, atau kitab ringkas seperti matan Abu Syuja’ dan Al-Yaqut An-Nafis.

Nama lengkap kitab ini adalah I'anatu Ath-Tholibin 'ala Halli Alfazhi Fathi Al-Mu'in (إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين). Beberapa penerbit menambahkan kata "Hasyiyah" di depan judul sehingga menjadi Hasyiyah I'anatu Ath-Tholibin 'ala Halli Alfazhi Fathi Al-Mu'in (حاشية إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين). Penambahan lafaz "Hasyiyah" tersebut dimaksudkan untuk menandakan bahwa kitab I'anatu Ath-Tholibin adalah jenis syarah dari sebuah syarah. Seperti yang telah kita ketahui dalam literatur Arab yang berkaitan dengan fikih, sebuah ringkasan dari sebuah kitab biasanya disebut syarah, dan jika syarah tersebut diberikan penjelasan lebih lanjut, maka disebut hasyiyah. Jika hasyiyah tersebut kemudian diberikan penjelasan lebih dalam, maka disebut taqrir (uraian lebih mendalam tentang perbedaan masing-masing dapat dibaca pada catatan saya yang berjudul "Mengenal Berbagai Macam Gaya Penulisan Kitab Fikih"). Namun, saya lebih suka menggunakan judul tanpa menyebut kata "hasyiyah", yaitu I'anatu Ath-Tholibin 'ala Halli Alfazhi Fathi Al-Mu'in. Alasannya, judul inilah yang digunakan oleh pengarang dalam mukadimah beliau.

"I'anah" memiliki makna "menolong", sedangkan "Tholibin" dapat diterjemahkan sebagai "para pelajar", "para santri", atau "para penuntut ilmu". "Hall" berarti "memecahkan" atau "menguraikan", dan "Alfazh" adalah bentuk jamak dari "lafzhun" yang berarti "lafal". Fathu Al-Mu'in adalah kitab syarah yang ditulis oleh Al-Malibari yang terkenal di pesantren-pesantren. Kitab I'anatu Ath-Tholibin ini merupakan kitab syarah (atau lebih tepatnya disebut kitab hasyiyah) untuk kitab Fathul Mu'in tersebut. Kitab Fathu Al-Mu'in sendiri telah saya ulas secara detail dalam catatan dengan judul "Mengenal Kitab Fathul Mu'in Karya Al-Malibari".

Identitas Kitab

Nama Kitab : I'anatu Ath-Tholibin 'ala Halli Alfazhi Fathi Al-Mu'in /  إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين

Karya : al-Allamah Abu Bakar Utsman bin Muhammad Syatha al-Dimyathi al-Bakri (1226-1310H)

Mazhab : Syafi'i

Link Download

Download kitab tersebut via Goole Drive

Ianah Thalibin versi cetakan Darul Ihya'

Jilid 1 | Jilid 2 | Jilid 3 | Jilid 4

Ianah Thalibin versi cetakan Dar Kutub Alami (DKI)

Jilid 1 | Jilid 2 | Jilid 3 | Jilid 4

Terkait : Fathul Wahhab bi Syarhi Manhaji Al Thullab

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url