Fathul Qorib Syarah Matan Abu Syuja'


Prolog

Kitab yang terkenal dengan nama "Fathu Al-Qorib" (فتح القريب) ini merupakan sebuah syarah (penjelasan) dari matan (naskah) terkenal bernama "matan Abu Syuja’". Nama lengkapnya adalah "Fathu Al-Qorib Al-Mujib Fi Syarhi Alfazhi At-Taqrib" (فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب) atau juga dikenal sebagai "Al-Qoulu Al-Mukhtar Fi Syarhi Ghoyah Al-Ikhtishor" (القول المختار في شرح غاية الاختصار). Pengarangnya adalah Ibnu Qosim Al-Ghozzi (ابن قاسم الغزي) atau juga dikenal sebagai Ibnu Al-Ghorobili (ابن الغرابيلي).

Kitab ini sangat terkenal di kalangan ulama fikih bermazhab Asy-Syafi’i dan dipelajari di berbagai lembaga pendidikan Islam di seluruh dunia. Bahkan, Universitas Al-Azhar menjadikannya sebagai buku wajib yang harus dipelajari.

Ibnu Qosim Al-Ghozzi lahir pada bulan Rojab tahun 859 H di Ghozzah dan tumbuh besar di kota tersebut. Pada tahun 881 H, beliau meninggalkan kampung halaman untuk merantau dan menuntut ilmu ke Mesir, di mana akhirnya beliau menjadi seorang ulama yang dihormati.

Kitab "Fathu Al-Qorib" ini ditujukan untuk pemula (mubtadi-in) dalam studi fikih Asy-Syafi'i. Dalam menyusun syarah ini, Al-Ghozzi memberikan perhatian tinggi pada penjelasan makna bahasa dan istilah fikih. Syarah ini memiliki ciri sebagai syarah pertengahan (mutawassith), tidak terlalu panjang dan tidak terlalu singkat sehingga mudah dipahami tanpa mengorbankan keakuratan dan kejelasan makna.

Al-Ghozzi juga memiliki keluasan pengetahuan bahasa dan fikih, terbukti dari kemampuannya menjelaskan dengan ringkas dan jelas setiap bab dalam kitab "Fathu Al-Qorib". Ketika ada kata-kata atau ungkapan yang mungkin samar, beliau menyediakan sinonim atau ungkapan yang semakna untuk memperjelasnya. Lafaz-lafaz umum yang mungkin menimbulkan kesalahpahaman dijelaskan dalam kondisi-kondisi khususnya, dan kadang-kadang diberi taqyid (pembatasan) jika diperlukan.

Kitab ini begitu penting sehingga banyak ulama Asy-Syafi’iyyah yang membuat hasyiyah (catatan kaki atau penjelasan tambahan) untuk memperkayanya. Beberapa hasyiyah terkenal untuk "Fathu Al-Qorib" antara lain "Hasyiyah Al-Birmawi", "Hasyiyah Al-Bajuri", dan "Hasyiyah Al-Jawi" atau juga dikenal sebagai "Qut Al-Habib".

Sejumlah penerbit telah mencetak kitab "Fathu Al-Qorib" dari waktu ke waktu. Kitab ini telah diajarkan dan dipelajari secara luas di berbagai lembaga pendidikan agama Islam, termasuk di Universitas Al-Azhar.

Pada malam Rabu, 6 Muharram (versi lain menyebutkan Jumat 15 Muharram) tahun 918 H, Ibnu Qosim Al-Ghozzi berpulang ke rahmatullah, namun warisannya dalam bentuk kitab "Fathu Al-Qorib" tetap hidup dan memberikan manfaat bagi para ulama dan pelajar hingga saat ini.

Identitas Kitab

Nama Kitab : Fathu Al-Qorib Al-Mujib Fi Syarhi Alfazhi At-Taqrib / فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب

Penulis : Syamsuddin Abi Abdillah Muhammad ibn Qosim bin Muhammad Al-Ghozabili As-Syafi'i / Ibnu Qosim Al-Ghazzi (859-918 H)

Kategori : Fiqih Mazhab Imam Syafi'i

Link Download

Arab

Fathul Qorib Cetakan Darul Minhaj : Download

Terjemahan

Terjemah Fathul Qorib Indonesia versi 1 : Download

Terjemah Fathul Qorib Indonesia versi 2 : Jilid 1  |  Jilid 2

Terkait : Kitab Al-Muhazab

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url