Download Kitab Kawakibud Durriyah PDF

Kitab Kawakibud Durriyah PDF

Prolog

Salah satu karya dalam bidang nahwu yang sangat populer di kalangan santri dan pelajar ilmu tata bahasa Arab adalah "Al-Kawakibud Durriyah 'ala Mutammimah Al-Ajrumiyah." Kitab ini merupakan kelanjutan dari "Mutammimah Al-Ajrumiyah" yang terkenal, namun berbeda dalam hal kedalaman dan ruang lingkup penjelasannya.

Jika kebanyakan kitab yang menjelaskan ilmu nahwu Arab cenderung berfokus pada rumus-rumus dasar, "Al-Kawakibud Durriyah" justru menghadirkan penjelasan yang lebih rinci dan komprehensif. Dalam kitab ini, tidak hanya diberikan rumus-rumus dasar ilmu nahwu, melainkan juga mencakup berbagai cabang-cabangnya yang dijelaskan secara lengkap beserta contoh-contohnya.

Penulis kitab ini adalah Syekh Muhammad Al-Ahdal, yang menulisnya pada pertengahan abad ketiga belas hijriah. Dia menulis kitab ini sebagai respons terhadap permintaan beberapa ulama pada masanya yang menginginkan penjelasan yang lebih mendalam dan detail tentang "Mutammimah Al-Ajrumiyah." Namun, dia menyajikannya dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga memudahkan para pembaca untuk memahami materi tersebut.

Identitas kitab

Nama Kitab : Al-Kawakibud Durriyah 'ala Mutammimah Al-Ajrumiyah

Penyusun : Syekh Muhammad Al-Ahdal

Download kitab

Jilid 1 | Jilid 2

Terkait : Bughiyah Mustarsyidin

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url