Download At-Tanbih Fi Fiqhi As-Syafi'i PDF

Pendahuluan

Kitab al-Tanbih adalah salah satu rujukan utama dalam Mazhab al-Syafi’i, ditulis oleh al-Imam Abu Ishaq Ibrahim al-Syairazi al-Fairuzabadi (393-476H). Karyanya ini merupakan ringkasan dari kitab al-Ta’liqat yang dikarang oleh al-Qadhi Abu Hamid al-Isfirayini (344-406H). Adapun kitab al-Ta'liqat sendiri berfungsi sebagai uraian dari kitab al-Mukhtashar yang ditulis oleh al-Imam al-Muzani (246H).

Selain Kitab al-Tanbih, al-Imam Abu Ishaq al-Syairazi juga terkenal karena karyanya yang lain, yakni Kitab al-Muhazzab, yang juga menjadi salah satu rujukan utama dalam Mazhab al-Syafi’i.

Imam al-Nawawi telah menggolongkan Kitab al-Tanbih ke dalam lima kitab utama yang menjadi rujukan dalam Mazhab al-Syafi’i, yaitu:

  • Mukhtashar al-Muzani, karya Abu Ibrahim al-Muzani.
  • al-Muhazzab, karya Abu Ishaq al-Syairazi.
  • al-Tanbih, karya Abu Ishaq al-Syairazi.
  • al-Wasith, karya Abu Hamid al-Ghazali.
  • al-Wajiz, karya Abu Hamid al-Ghazali.

Dengan demikian, Kitab al-Tanbih yang ditulis oleh al-Imam Abu Ishaq al-Syairazi merupakan salah satu karya penting yang menjadi sumber acuan dalam Mazhab al-Syafi’i. Penting untuk menghormati hak cipta dan intelektualitas para penulis terdahulu dengan tidak melakukan plagiarisme dalam mengutip atau menulis ulang informasi dari karya-karya mereka.

Terkait : Al-Hawi Al-Kabir Imam Mawardi

Link Download

File berupa PDF via Google Drive

Jika ini bermanfaat Jangan lupa dishare ya...!!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url