Khutbah Jum'at: Kemuliaan Bulan Rajab

Rajab

Khutbah I

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلَ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. 

اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِفَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

Sidang Shalat Jum'at Hafidzakumullah

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat diantaranya yakni nikmat iman, islam, dan kesehatan sehingga kita bisa melaksanakan ibadah sholat Jum'at pada hari ini dengan khusyu'. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu sehingga kita bisa merasakan bulan Rajab yang kesekian kalinya dalam hidup yang kita jalani ini. Bulan yang sangat mulia sehingga dikatakan bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah SWT kemudian bulan Sya'ban adalah bulannya Nabi Muhammad SAW dan bulan Ramadan adalah bulannya ummat Nabi Muhammad SAW, juga dikatakan bahwa bulan Rajab adalah bulan untuk menanam, bulan Sya’ban untuk menyiram, dan bulan Ramadhan untuk memanen.

Sidang Shalat Jum'at Hafidzakumullah

Bulan rajab adalah bulan istimewa, dan telah dijelaskan dalam kitab I'anatut Tholibin bahwa kata Rajab itu bermakna tarjib yang berarti mengagungkan atau memuliakan. Masyarakat Arab zaman dahulu memuliakan Rajab melebihi bulan lainnya. Rajab biasa juga disebut “Al-Ashabb” (الأصب) yang berarti “yang mengucur” atau menetes”. Dijuluki demikian karena derasnya tetesan kebaikan pada bulan ini.

Kemudian bulan rajab itu termasuk bulan haram atau bulan-bulan yang mulia sebagaimana firman Allah SWT dalam Qur'an surat at-Taubah ayat 36 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ 

Artinya:

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram." (QS. At-Taubah:36)

Yang dimaksud empat bulan haram disini adalah bulan Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rajab. Empat bulan ini disebut dengan asyhurul hurum atau bulan bulan mulia karena pada bulan-bulan tersebut ummat Islam dilarang mengadakan peperangan.

Baca juga : 4 Hadits tentang Puasa Bulan Rajab

Sidang Shalat Jum'at Hafidzakumullah

Keutamaan bulan rajab ini adalah adanya peristiwa Isro Mi'raj nabi Muhammad Saw yang mana pada peristiwa itulah Rasulullah Saw mendapatkan hadiah paling agung dan mulia yakni hadiah sholat yang pada awalnya berjumlah 50 waktu dalam sehari semalam dan akhirnya menjadi 5 waktu sebagaimana yang setiap hari kita lakukan. 

Kemudian di bulan yang mulia ini kita dianjurkan untuk membaca doa

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ.

Mungkin cukup sekian khutbah singkat yang bisa saya sampaikan sebelum saya tutup marilah kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin terlebih dalam bulan Rajab yang penuh berkah ini kita harus senantiasa memperbaiki amal ibadah kita sehingga kita bisa semakin mendekat kepada Allah SWT.

Khutbah II


الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَ الْحَمْدُ لِلّٰهِ  ثُمَّ الْحَمْدُ لِلَّهِ. أَشْهَدُ أنْ لآ إلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ لَا نَبِيّ بعدَهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ   أَمَّا بَعْدُ  فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

 فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يٰأَ يُّها الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ. اللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْياءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ.

اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ والقُرُوْنَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتَنِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا إِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عامَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ.

اللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. 

وَاَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ   عٍبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتاءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَ كَّرُوْنَ، وَاذْ كُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْ كُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِ كْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Materi lainnya: Download Materi Khutbah Jumat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url