4 Bulan di Amerika karya Buya Hamka PDF


Nama buku : 4 Bulan di Amerika

Karya : Buya Hamka

Penerbit : Gema Insani

Link Download : Download PDF

Pengantar Penulis

Banyak handai tolan dan murid, saat saya berziarah kepada mereka di daerah Indonesia yang luas ini, meminta kepada saya supaya kisah dan tinjauan yang saya dapat selama perlawatan ke Amerika Serikat empat bulan lamanya (25 Agustus sampai 25 Desember 1952) saya hidangkan kepada mereka dengan berupa tulis- an. Mereka meminta rupanya supaya pandangan seorang "santri" jika dia masuk ke dalam pergaulan modern, saya lukiskan. Keinginan saya sendiri hendak menuliskannya, entah manalah yang lebih besar dengan keinginan handai tolan dan murid-muridku itu. Apatah lagi teman sahabat yang tinggal di Amerika pun menganjurkannya dengan sa- ngat, seumpama Hasan M. Tiro dan K. Yunus di New York, Ishak Zahir di Washington, dan lain-lain.

Setelah saya coba tuliskan dan kumpulkan segala ke- nang-kenangan indah dalam perjalanan, terbuktilah bah- wa buku ini harus menjadi dua jilid. Jilid pertama pandang- an perjalanan sepintas lalu, tentang tempat-tempat yang dikunjungi, universitas yang dimasuki, dan gereja yang didatangi selama di Washington D.C., New York, Illinois, Michigan, Colorado, Utah, California, Arizona, Louisiana, Florida, dan lain-lain.

Pada jilid kedua barulah ditulis kesan-kesan, perban- dingan, tinjauan, kelebihan orang dan kekurangan kita, atau sebaliknya. Pengharapan Indonesia di masa depan, demi melihat kemajuan negeri orang, dan lain-lain.

Semoga ada faedahnya kesan perjalanan Empat Bulan di Amerika, terutama bagi angkatan muda tempat menyan- darkan pengharapan di hari depan. Dengan satu ucapan yang terlompat dari mulut saya setiap melihat yang ganjil di negeri orang, "Tanah airku pun bisa."

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url